Untuk Yang Ingin Copy-Paste Dimohon Untuk Menyertakan Link "http://kerjaan-kita.blogspot.com/"

Alat Cerdas

ALAT CERDAS

Alat cerdas sudah menjadi salah satu alat yang sudah membantu manusia dalam menjalani hidup, kali ini alat cerdas yang akan saya jelaskan adalah “Google Self-Driving Car”.

Google Self-Driving Car 2014, Sumber: https://www.google.com/selfdrivingcar/

Prototipe Sistem Dari Google Self-Driving Car , Sumber: https://www.google.com/selfdrivingcar/where/


Google Self-Driving Car adalah sebuah mobil yang dapat bergerak tanpa memerlukan pengemudi mobil tersebut, mobil ini didesain oleh perusahaan Google.  Sebuah kendaraan  autonomous yang  dapat  mendeteksi  lingkungan  di  sekitarnya  dan  dapat  menavigasi dirinya sendiri dengan bantuan sensor-sensor yang ada pada Google Self-Driving Car Sendiri. Pada pengembangannya saat ini,   manusia/operator dapat mengatur destinasi yang diinginkan tanpa perlu melakukan kegiatan  mekanis seperti memindahkan gear atau menginjak kopling mobil untuk mengoperasikan mobil itu.


Komponen tambahan yang terdapat pada Prototipe Google Self-Driving Car, Sumber: Google.com

Pada prototipe pertama, Google menggunakan mobil penumpang konvensional yang lengkap dengan kemudi,  sistem percepatan (gear), dan sebagainya yang terdapat pada mobil penumpang konvensional (Gambar diatas). Namun, pada 2014 mereka mendesain sendiri mobil mereka yang tidak terdapat kemudi dan sebagainya.
Pada Google Self-Driving Car, terdapat banyak sensor yang masing-masing berguna sebagai sarana navigasi mobil dan detektor keadaan lingkungan berkendara (seperti: lalu lintas, pejalan kaki, atau pengendara lainnya). Berikut adalah beberapa sensor-sensor  yang terdapat pada Google Self-Driving Car:

1.LIDAR (Light Detection and Ranging)
Merupakan  suatu  sensor  yang  terletak  diatas  atap  mobil  yang  melakukan  gerakan rotasi  360  derajat  selama  mobil  berkendara  secara  otomatis.  Cara  kerja  sensor  ini  adalah melakukan  gerakan  memutar  untuk  mendapatkan  visualisasi lingkungan sekitar radius 200 kaki.  Dari  hasil visualisasi tersebut, komputer yang  terdapat didalam  mobil akan memroses data yang diperoleh untuk menghasilkan suatu peta 3d secara real time terhadap lingkungan sekitar.

2.Position Estimator
Sensor  ini diletakan  di  sekitar roda kendaraan.  Cara  kerja  nya  adalah mendeteksi  arah  gerak  ban, apakah  telah  sesuai  dengan  instruksi  yang  diberikan,  yaitu destinasi yang telah ditentukan berdasarkan peta arah yang dibentuk oleh komputer.

3.Video Camera
Alat ini berfungsi sebagai mata kendaraan tersebut, dimana fungsi utamanya adalah untuk mendeteksi objek-objek bergerak seperti pejalan kaki atau pengendara sepeda.

4.RADAR
Sensor radar disini berfungsi untuk menentukan suatu objek yang mendekat atau menjauhi kendaraan. Ini merupakan sensor yang lebih maju daripada sensor parkir mobil yang kita kenal selama ini.

REFERENSI