Untuk Yang Ingin Copy-Paste Dimohon Untuk Menyertakan Link "http://kerjaan-kita.blogspot.com/"

Software Animasi Muvizu - Tugas #3


Scenario
(Pada suatu hari yang cukup cerah, Andi dan Panji berjalan-jalan menikmati tenangnya taman kota. Pada saat yang bersamaan juga, disana ada Roy. Roy sendiri adalah seorang perampok taman kota yang suka menodong pisau ke orang-orang yang ia rampok, ia tidak segan untuk melukai orang yang dirampoknya.)

(Dengan cepat Roy berlari ke arah Andi dan Panji, Roy langsung memukul mereka berdua, mereka berdua pun langsung terjatuh. Secara cepat Roy  menodongkan pisau yang ia pegang.)

"Serahkan barang berharga kalian berdua!", Roy menatap Andi dan Panji.
"Tolonglah bang, ampuni kami berdua", Andi berkata sambil menahan rasa sakit.
"Iya bang", Panji berkata secara patah-patah.
"Ah, mencari mati kalian berdua!", Kata Roy sambil melotot.
"Ampun bang, ", kata Andi.
"Hei, temanmu tidak punya barang berharga?, mau mati hahh?", kata Roy.
"Ampun bang, ini (..sambil menyodorkan dompet)", kata Panji.
"Hei!", teriak salah seorang polisi yang melihat kejadian tersebut.
"hah polisi, dikira gua takut apa!", kata roy

(perkelahian antara polisi dengan roy tidak terhindarkan, dan pada akhirnya roy kalah ketika berkelahi dan ia ditangkap oleh polisi tersebut.)
"Sini kamu, akhirnya ketangkap juga ya". Kata salah satu polisi tersebut.
"Aampun pak, saya terpaksa merampok karena tidak ada uang", kata roy.
"Sudah diam kamu!, kamu ikut saya ke kantor polisi", kata polisi

(Roy dibawa oleh polisi ke kantor polisi.)

Rancangan Pembuatan
Pembuatan dimulai dengan membuat scene Pengguna hanya tinggal memilih scene apa yang diinginkan karena sudah terdapat banyak scene yang dapat digunakan.  Atau bisa juga membuat scene sendiri sesuai dengan keinginan. Klik menu File>New, lalu akan muncul pilihan scene seperti gambar berikut ini:

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoS7Pal3K4OVRsYr2DInCv5TYUEx1tYfVRLq6O8Bf6sSuuMGyvYZPFBFye5gHEkHmxpkkyA1UplNTWoRj7HKXYPnE2MM9lhs0mCcB6P3G0noZJqrAFsTDlLEVlrRiJKuGKZ9-Y9gRfxVcU/s320/muvizu1.png

Membuat Karakter
Dalam pembuatan karakter kita bisa memilih karakter apa yang kita inginkan ini memudahkan kita dalam membuat film tanpa harus mendisain dan membuat karakter sendiri yang tentu membutuhkan waktu yang lama. Untuk membuat karakter caranya adalah klik menu Create>Characters.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGkRgcKPEB_5aIW6aMoBkh2tHbbM4xuWF8RdPmyAqGM6ZIeYRmNVllp8MszatMn8m-cnsRMQqJAfyxJX7OzhWVPfcTJr4vlcgWspgFgL_sdL_V2OiUQWJr20D4CVSirm1mXuXynPcjw5fC/s320/muvizu2.png

Mengedit Karakter
Untuk menghasilkan bentuk karakter yang diinginkan kita dapat mengubah tampilan karakter yaitu dengan mengedit karakter tersebut. Caranya yaitu dengan mengklik menu Edit>Edit.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh17sqd94LZHV8GSA5yNd9SiWvS3bmgv-LgYtVycfe1ZsdHsyk-ksgmv8ETUqDsh2bTbhKxQA8T0VFIy_lpp1qo9sEeAUlF190IPlKYPymrZ_p6w7QRxXpaiQdb2zcRfD5BeVSC1uTFiXI2/s320/muvizu3.png


Kita dapat mengubah rambut karakter, wajah karakter dan memberikan efek warna sesuai keinginan.


Menjalankan Karakter
Untuk membuat animasi menjadi lebih keren lagi kita tentu harus membuat karakter itu bergerak sesuai cerita yang kita ingin buat. Dalam muvizu kita selaku sutradara film hanya tinggal mengatur scenario apa yang ingin kita buat, yaitu dengan menambahkan gerakan-gerakan yang diinginkan yang disebut action character.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikSME3fG5ZLrKf9n1OBa4EtfnOuMoJpHfyxj1QRHNmBg7EdGR9aV9KMUlkEhEKmT_xec-MVlMCC34tZhQQ9abvWk2jezL9MDFqyYH1MA8izrG2rp84udail91Ir4ON5fpUMrmaXY63LOV_/s320/muvizu4.png

Sebelum kita menjalankan perintah apa saja atau aksi apa saja yang ingin digerakan alangkah lebih baiknya jika kita menyiapkan terlebih dahulu aksi apa saja yang ingin digunakan yaitu dengan mengklik menu Prepare > Character action. Terdapat perbedaan antara Prepare dengan Direct, prepare hanya untuk menyiapkan action yang diinginkan tanpa harus menjalankannya. Sedangkan direct yaitu membaca atau menjalankan action yang telah disiapkan untuk dieksekusi.

Setelah itu kita tinggal memilih dan menyimpan action apa saja yang ingi digunakan setelah siap semua lalu kita klik switch to direct dan akan muncul Timeline yang berbungsi untuk merekam apa yang ingin dieksekusi.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjN3Yal2zqOzKvhJWdXhICQX0t7JnwFh4K0JiGxB512zN4Th1lwA6G9mZyyor5kmYch4GkoMZEDIW0kjkUllBhgehSHNLEFT6V50i18E2hTVCFYq8-ZUKSrUYe8pZFtz91qUPH4P0JWIOWW/s320/muvizu5.png

Terlihat pada gambar saat record diklik waktu durasi akan bergerak dan pada gambar diatas action yang diklik adalah angry pada saat itulah karakter akan bergerak sesuai action yang dipilih untuk berhenti klik stop atau  menekan tombol space pada keyboard.

berikut adalah hasil akhir animasi setelah dirender